Konsep Dapur Minimalis Nan Estetik

author

Admin Ganteng

Share Post

Salah satu bagian rumah yang penting adalah dapur. Ruangan ini menjadi ruang yang seringkali digunakan oleh penghuni rumah. Tentu, kita semua mengidamkan konsep rumah estetik dengan perabotan fungsional bagi pemiliknya. Mari kita lihat konsep dekorasi rumah minimalis dengan konstruksi dapur yang eyecatching. Kunci dari kenyamanan salah satunya adalah paduan warna cat yang tepat dan dapur anda instagramable. 


Desain Hemat Ruangan dengan Paduan Warna Cantik

Mendekorasi dapur dapat dikatakan mudah sekaligus sulit karena peralatannya yang cukup banyak. Namun, jangan risau anda dapat memilih warna dan desain menyesuaikan lebar ruangan yang anda miliki. Jika kalian memiliki ruangan dapur dengan luas 3x4 meter, maka kalian bisa memainkan warna yang cerah untuk cat tembok. Warna-warna cerah ini nantinya dapat dipadukan dengan warna yang lebih gelap atau sama terangnya. Cat tembok dengan warna brilliant white, absolute yellow, spring vigor (hijau bolu pandan) atau grey soft, akan menampilkan kesan terang dan lebar. 

Kemudian anda bisa mengkombinasikannya dengan warna butter toast, almond chip, sable brown atau peach pinch. Saran pengecetan untuk hasil yang lebih maksimal, anda bisa menggunakan pembatas area atau Washi Tape 002. Kemudian, pembatas area disarankan untuk tidak dicat sebagai pembuat pola pada dinding anda. Untuk membuat hasil yang memukau, gunakan cat dasar untuk melindungi cat dinding anda dari rangkaian alkali dan efflorescence. Desain dasar ini akan membantu daya tutup dari lapisan cat akhir. Karena, dapur merupakan bagian ruangan yang seringkali menghasilkan kotoran dari minyak, bahan-bahan makanan yang biasanya menempel di tembok. Untuk mengantisipasi kotoran ini anda dapat meggunakan keramik pada dinding yang menempel pada kompor sehingga kotoran dapat dengan mudah dibersihkan dan dapur anda akan terlihat bersih. 

Penataan Peralatan Dapur Dengan Rapi

Ketika anda memiliki peralatan dapur lengkap dengan kapasitas yang banyak, maka anda disarankan untuk menggunakan cara ini agar dapur anda tidak terlihat berserakan. Perlengkapan dapur yang tidak ditata akan mengganggu kerja anda dan membuat anda kebingungan untuk mencari barang-barang yang akan digunakan. Maka anda dapat menggunakan cara ini untuk menatanya:

1. Simpan peralatan kecil ke dalam box

Biasanya peralatan dapur yang berukuran kecil seperti garpu, sendok, pisau, centong dan lain-lain mudah terselip. Sehingga, anda dapat menempatkannya pada wadah yang mudah untuk dijangkau. Selanjutnya, perlatan seperti box makanan untuk bekal, panci, dan peralatan lain yang jarang digunakan dapat anda simpan di box masing-masing sehingga, anda mudah untuk mencari dan menyimpannya.

2. Kelompokkan sesuai dengan ukuran dan jenisnya

Jika, anda pernah merasa kesulitan saat mencari salah satu peralatan masak, berati anda tidak menempatkannya dengan baik. Maka dari itu perlu mengelompokkan barang-barang yang anda gunakan setiap hari untuk keperluan di dapur sesuai dengan jenis dan ukurannya. Misalnya, anda memiliki wajan dan panci dengan beragam ukuran maka anda dapat membuat tempat untuk jenis ini menjadi satu dimulai dari yang terkecil hingga yang terbesar. Pun dengan gelas-gelas dan piring anda juga dapat mengelompokkan berdasarkan bahan, ukuran dan jenisnya. Sehingga anda mudah untuk mencari dan menggunakannya.

3. Letakkan bumbu dapur di rak khusus dan berikan label pada masing-masing wadah

Bumbu dapur memiliki beragam jenis, tak jarang ketika memasak kita sering lupa wadah mana yang digunakan untuk meletakkan garam, gula, kopi, atau bahan-bahan lain. Jangan sampai ketika anda mau membuat teh justru memasukkan garam kedalamnya. Untuk menghindari kondisi ini maka perlu memiliki dan menggunakan wadah dengan labelnya jenisnya masing-masing.